Laman

Kamis, 21 Agustus 2014

Artikel peran mahasiswa dalam AEC 2015

Peran Mahasiswa untuk Indonesia dalam Asean Economic Community (AEC) 2015
Pendahuluan
Menurut saya Mahasiswa ialah orang yang belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa juga sebagai elemen pemuda yang memiliki posisi,potensi, dan peran khusus di dalam masyarakat. Mahasiswa kerap pula sebagai agen perubahan(agent of social change). Gelar yang disandang mahasiswa ini membawa konsekuensi serius dalam kehidupan bermasyarakat. Peran mahasiswa dalam kehidupan masyarakat bukan hanya sekedar dalam aspek sosial yang menjadi penggerak dalam kehidupan sosial akan tetapi mahasiswa juga turut berperan dalam perputaran aspek ekonomi termasuk dalam AEC atau Asean economic community yang akan digelar pada 2015 mendatang. Ini berarti AEC akan digelar satu tahun mendatang.

Bukanlah hal yang dianggap remeh karena ASEAN economic community tahun 2015 merupakan suatu program bagi negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kualitas ekonomi khususnya perdagangan. Satu tahun akan datang,AEC siap untuk dijalankan pada tahun 2015 tepatnya pada bulan Desember dikawasan negara-negara ASEAN meliputi Indonesia,Malaysia,Philiphina,Brunei Darussalam,Singapure,Thailand,Vietnam,Myanmar,Laos dan Kamboja. Konsep utama dari ASEAN economic community adalah menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan basis produksi dimana terjadi free flow atas,barang,jasa,faktor produksi,investasi dan modal serta penghapusan tarif bagi perdagangan antar negara ASEAN yang kemudian diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan ekonomi diantara anggota-anggotanya melalui kerjasama yang saling menguntungkan.

Peran Mahasiswa untuk indonesia dalam Asean Economic community(AEC)

Mahasiswa sebagai pucuk generasi muda merupakan ladang utama orang-orang yang mempunyai daya kreatif tinggi.Mahasiswa yang berilmu pengetahuan luas,menyukai hal-hal baru,bersemangat juang tinggi,berpikiran kritis dan berkepedulian sosial tinggi.Merupakan agenyang mampu mengembangkan perekonomian indonesia dengan menciptakan lapangan pekerjaan.Mahasiswa yang berani berwirausaha membuktikan bahwa usaha yang dilakukan mereka membawa hasil yang manis,selain menciptakan pekerjaan untuk orang lain, me-nambah pengalaman diri sendiri,juga memotivasi mahasiswa lain untuk melalukan hal yang serupa.Mahasiswa sebagai pemikir bangsa berperan untuk memberikan solusi bagi kedaulatan bangsa dan negara dibidang ekonomi.Maha-siswa sebagai elemen bangsa dengan potensi pemikirannya besar sekali peran dan fungsinya,misalnya mengadakan penelitian,membuat karya tulis diberbagaimedia, atau seminar-seminar dalam rangka mencari solusi bagi bangsa dan negara untuk menuju bangsa yang berdaulat dibidang ekonomi.

Kesimpulan
Sebagai mahasiswa yang mempunyai peran dalam pembangunan bangsa,juga mempunyai peran dalam AEC.Mahasiswa dapat melakukan riset atau penelitian yang akan mempunyai banyak manfaat bagi diri sendiri melainkan juga pemerin-tah maupun masyarakat luas,selain itu mahasiswa dapat berperan aktif sebagai wirausaha muda yang memiliki daya pikir kreatif,inovatif,serta kritis sehingga dapat bersaing dengan mahasiswa dari negara ASEAN yang lain.Disamping itu dengan berwirausaha dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan akan mena-namkan pada setiap pribadi untuk menjadi job creator bukan job seeker sehingga mampu menciptakan produk-produk baru yang inovatif dan mempunyai daya guna tinggi bagi masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar